Selasa, 27 Oktober 2015

DAMAU VILLANGE (DESA DAMAU)

Tondano, 27 Oktober 2015



DAMAU VILLANGE (DESA DAMAU)
(My Villange)
Letak : Damau adalah sebuah desa yang terletak di (Indosia) Prov. SULUT – Kab. Talaud (Pilau Kabaruan) Bag. Paling Selatan.
Menurut cerita, pada tahun ......... damau yang dulunya di kenal maleburen merupakan desa yang pernah di singgahi oleh bangsa portugis. Sehingga masi ada bukti yang tertinggal di desa damau, yang sekarang cerita-nya masih terdengar di telingga masyarakat.
Cerita yang pernah saya dengar, bahwa di lepas pantai dari Pulau Kabaruan ada sebuah jangkar emas yang konon duluh-Nya milik kapal portugis yang karam di sebuah pulau yang ada dekat dengan pulau kabaruan. Dan pulau ini sekarang kami kenal dengan nama Napombaru,  pulau ini tidak berpenghuni, tidak ada tumbuh-tumbuhan yang ada hanya pasir putih dan belerang yang keluar dari dalam laut.
Banyak hal yang ada di luar perkiraan tapi itu memang terjadi, di pulau damau juga ada sebuah gua yang di dalam-nya terdapat tulang-berulang manusia yang berukuran panjang. Menurut pengamatan masyarakat sekarang tulang berulang itu adalah orang portugis. Dan sekarang gua itu kami kenal dengan nama Randangan.
Masih banyak lagi cerita rakyat yang saya dengar yang terjadi di zaman dahulu, sampai sekarang desa damau sudah menjadi kecamatan yang di mekarkan pada tahun ..... dan terus berkembang pesat sampai-sampai banyak aturan adat-adat yang tidak di hiraukan masyarakat. Cerita – cerita rakyat yang duluh-nya sangat sering di ceritakan sekarang tidak lagi terdengar.
Sekarang dari adat sendiri, mulai menerapkan kembalih peraturan adat yang sudah mulai di lupakan, dan memperbaiki kembali prasasti dan peninggalan lain dari zaman dahulu.
“Kita semua harus ingat jika tidak ada masa lampau tidak akan ada masa kini, dan tidak ada orang tua tidak ada anak”
**************** SEMANGAT DALAM MEMBANGUN**************
Jika ada yang salah dengan Posting di atas silahkan tinggal komentar anda, karena komentar anda sangat di perlukan admin. Masih banyak lagi hal-hal lain yang belum admin ketahui, tunggu postingan selanjut-Nya  Wasalam, Syalom.........

0 komentar:

Posting Komentar